Tampak muka dan belakang HP SAMSUNG Z170

Inilah HP saya yang kedua, setelah sebelumnya memiliki Motorola C350 (HP warna termurah waktu pertama kalinya keluar di tahun 2003). Dulu, HP saya paling canggih dari satu keluarga dan harganya juga paling mahal. Sekarang semua sudah bertambah murah dan harganya sudah jatuh tertimpa gerabah baca:ancur-ancuran jatuhnya.
Setelah mengalami pressing dan bantingan dari saya (Si Motorola), akhirnya umurnya pun juga tak panjang. Akhirnya di era gencar-gencarnya teknologi 3G, Bluetooth, dan Digital Entertainment, saya melakukan survey kecil-kecilan dengan cara ilmu perbandingan dan ilmu keluhan (membandingkan fitur dengan HP sejenis dan satu range harga, serta melihat apakah ada rekaman tentang keluhan pengguna). Target saya harus menemukan HP murah dengan beragam fasilitas dan fungsi. Akhirnya setelah 1 bulan survey berjalan pilihan saya jatuh ke Samsung J200. Akan tetapi karena di pasar penyerapan produk ini begitu cepat sehingga saya tidak sempat mendapatkannya, pilihannya saya berubah ke adik seperguruannya yaitu Z170. Mari kita ikuti ulasan mengenai HP multitalenta ini!

Spesifikasi lengkapnya dapat anda baca semua di atas (gambar dan spesifikasi diambil dari www.GSMArena.com). Beberapa kata yang dapat saya ungkapkan dari Handphone ini – Thin Superior, Entertaining, MultiTasking at Affordable Price!. Kepuasan hasil survey kecil-kecilan yang membuahkan hasil yang tidak mengecewakan.
Selain itu ada beberapa cara-cara tidak terekspose oleh produsen karena memang tidak disertakan dalam manual booknya. Beberapa tips yang mudah diaplikasikan dan bermanfaat antara lain:

A. Install Program Java tanpa keluar Rupiah
Sejauh buku manual yang tercantum, penambahan aplikasi hanya dapat dilakukan lewat browsing via wap. Akan tetapi ternyata dengan menggunakan software tambahan hal itu dapat dilakukan dengan mudah, aman dan murah. Cara-caranya sebagai berikut:

  1. Download Driver & File Explorer
  2. Ekstraksi SAMSUNG_Composite_USB_Driver_4_34_WHQL.zip dan aktifkan Setup.exe di dalam file yang telah didownload.
  3. Sambungkan Samsung Z170 ke PC atau Laptop. Untuk pertama kalinya harus terdeteksi oleh pesan ‘device installed and ready‘.
  4. Klik TkFileExplorer_2.2.exe.
  5. Arahkan ke Setting – COM.
  6. Klik Jendela Port: Anda seharusnya hanya memiliki satu pilihan sambungan COMxx. Plihkah dan Tekan OK.
  7. Lanjutkan ke File – Connect. Anda akan melihat Struktur Pohon di TkFileExplorer di setengah layar bagian bawah.
  8. Pergilah ke /Exe/Java/Games.
  9. Buatlah Folder Baru untuk permainan anda.
  10. Pada bagian TkFileExplorer PC bagian atas pilihlah file JAD/JAR dan salin ke folder yang baru dibuat dengan cara drag&drop atau tombol kanan menu pilihan Download.
  11. Ulangi cara 9 & 10 untuk semua permainan yang akan anda install.
  12. Setelah tuntas lepaskan kabel USB.
  13. Panggil *#6984125*#
  14. Lanjutkan ke Internals (Master Key: *#9072641*#)
  15. Pergilah ke Storage Settings dan pilihlah Update Java DB.
  16. Selamat berhemat!
B. Menjadikannya sebagai Modem Unlimited Access Termurah
Sekali lagi sebelum membeli sesuatu yang berharga lebih dari Rp.100rb rupiah, perlu ada survey kecil-kecilan. Berawal kebutuhan untuk berinternet murah dan praktis saya ingin membuat HP saya menjadi modem tanpa harus membeli modem baru. Dari beberapa operator yang ada ada beberapa parameter yang wajib dipertimbangkan.
  1. Kualitas jaringan di daerah tempat kita tinggal.
  2. Perbandingan harga dengan kuota yang ditawarkan.
  3. Serta paket penjualan yang disertakan.
  4. Dukungan handset/ponsel dengan jaringan yang akan digunakan.
Ketiga hal tersebut sangat krusial dan harus dipertimbangkan masak-masak untuk menghasilkan formulasi yang menguntungkan dari sisi customer.
Survey yang telah saya lakukan dengan pengujian nyata diperoleh kandidat pemenang adalah XL unlimited dan Telkomsel Flash. Akan tetapi mengingat daerah di tempat saya termasuk ekonomi mapan, maka saya memutuskan menggunakan XL dengan harapan jaringan jarang penuh dan lebih stabil.

Jika program bundling menghargainya Rp.800rb maka dengan menggunakan HP saya telah menghemat sebesar Rp.600rb. Lumayan, buat tambahan koneksi internet 4 bulan ke depan. Untuk aktifasi unlimited ini berbeda dengan settingan pada petunjuk kartu perdana. Detailnya dapat dibaca di bawah ini:

APN             : xlunlimited
Username     : (kosongi)
Password     : (kosongi)
Dial number  :*99#

Entah kenapa harus menggunakan komposisi di atas. Tapi sejauh ini koneksi lancar dan tidak pernah putus nyambung.


